Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Gurame

Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Gurame, Indonesia sekarang ini sedang terserang virus yang mematikan sekali, karena gempuran virus ini membuat beberapa warga di Indonesia jadi pengangguran. Memang banyak beberapa perusahaan yang mengeluarkan pegawainya karena penghasilan perusahaan itu tidak dapat tutupi pengeluaran karena itu pegawainya dikurangkan.

Tapi tidak boleh takut karena ada usaha yang dapat dilaksanakan saat tidak bekerja, usaha itu ialah Usaha Budidaya Gurame. Usaha ini selainnya gampang dilaksanakan akan memberikan keuntungan sekali jika sudah berjalan baik, karena itu tidak aneh jika banyak yang menekuninya.

Yang ingin mengawali usaha ikan ini tidak susah dan tidak ada masalah jika sudah jalaninya. Budidaya ikan bisa saja gampang jika sudah tahu triknya seperti apakah dan berikut langkah yang terbaik mengawali budidaya gurame.

1. Pertama siapkan kolamnya dahulu bila ingin Usaha Budidaya Gurame. Kolam yang dipersiapkan untuk ikan gurame ini tidak sama dengan kolam ikan tipe yang lain, karena jika kolamnya tidak pas tentu ikan gurame tidak bertahan hidup lama.

Untuk kolam yang pentingnya disiapkan ialah kolam yang ke dalamnya kurang dari 1 mtr., kolam ini dapat dibuat dari terpal atau dari semen. Untuk tinggi airnya cuman 50 sampai 60 cm saja jangan lebih. Untuk terpal kolam dapat Anda mencari di sini.

2. sesudah kolam siap tinggal pilih benih ikannya, penyeleksian benih ini sangat penting karena jika salah pilih benih bisa jadi tidak panen karena benihnya buruk hingga mati semua. Supaya tahu benihnya bagus atau mungkin tidak dapat disaksikan keadaan fisik benih ikannya, jika tidak ada cacat di badan benih itu memiliki arti benihnya bagus dan dapat dibudidaya.

3. pilih pakan ikan guramenya, pakan ikan gurame banyak opsinya. Ada pakan bikinan sendiri atau pakan instant yang telah banyak dipasarkan, jika pakannya itu ingin yang instant seperti pelet.

Karena itu lihat ukuran peletnya, jika ukuran peletnya tidak pas sama ukuran mulut ikan tentu ikan susah makan pakan itu.

Jika ikannya masih kecil bagusnya pakannya yang paling kecil saja, bersamaan pertambahan ukuran ikan karena itu peletnya harus juga ganti jadi yang semakin besar.

Ikan gurame diputuskan sebagai ikan yang diperbudidayakan karena ikan tipe ini lebih baik daripada ikan yang lain, keunggulan itu dari nilai jual ikannya. Rerata harga ikan di pasar itu paling mahal cuman 25 ribu saja tapi jika ikan gurame ini satu kg harga dapat sampai 60 kg, itu jika mentah apabila sudah jadi makanan tambah mahal kembali. Karena itu saat ini banyak yang memperdalam Usaha Budidaya Gurame karena modal dan keuntungan yang didapat itu perbandingannya jauh berbeda sekali. Semogga Bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Gurame"