Cara Memulai Budidaya Maggot BSF Pakan Alternative Ternak

Lalat BSF (Black Soldier Fly) sebagai lalat yang nanti akan hasilkan larva yang disebutkan Maggot.

BSF mempunyai wujud dan watak yang lain dengan lalat secara umum. Dia mempunyai usia yang lebih pendek, dan umumnya saat sebelum mati, dia akan lakukan pengembangbiakan lebih dulu.

Picture by : Google


BSF mempunyai watak yang unik dibanding dengan lalat lain. Sepanjang hidupnya, dia tidak konsumsi makanan, namun dia cuman minum saja, akan lebih bagus, bila kelak kamu lakukan budidaya maggot ini, kamu dapat sediakan air yang memiliki kandungan glukosa alias yang telah ada tambahan gula atau madu yang telah dicairkan.

Sejauh hidupnya yang tidak konsumsi makanan inilah yang membuat diputuskan karena pasti makin kemungkinan kecil larva yang dibuat memiliki kandungan kontaminan.

Babak metamorfosis BSF untuk bertelur sampai beralih menjadi maggot yang siap dipanen pun tidak memerlukan waktu yang lama.

Kamu cuman memerlukan waktu kurang dari 1 bulan untuk hasilkan lalat yang siap dipanen.

Tetapi bila kamu ingin memperbesarnya dan menjadikan sebagai indukan, kamu dapat memerlukan waktu 40 sampai 45 hari. Kemudian lanjut ke transisi hidupnya dari sejak awalnya.

Keunggulan dan Hitung Maggit BSF

Makanan maggot yang dari sampah organik, menjadikan organisme yang ramah lingkungan dan pasti bisa menolong mengurai sampah organis jadi produk yang berguna.

5 ribu larva (maggot) BSF bisa habiskan sekitaran 2 kg sampah organik cuman dalam kurun waktu semalam sehari (24 jam).

Jadi kalkulasinya, satu ekor betina BSF bisa hasilkan sekitaran 600 butir telur.

Bila ingin hasilkan 10 ribu larva, karena itu cuman memerlukan indukan BSF sekitaran 20 ekor.

Bila ingin satu hari larva habiskan 2 kg, karena itu memerlukan 25 ekor indukan maggot untuk hasilkan 15 ribu larva (maggot).

Maggot memiliki kandungan sekitaran 35-40% dengan lemak kasar sekitaran 20%, yang mengandung semacam itu, maggot bisa dipakai sebagai pakan alternative ternak, terutamanya ternak unggas.


Langkah Budidaya Magot BSF untuk Pemula

Budidaya magot BSF kita akan mengawali dari cakupan yang lebih kecil sampai menengah lebih dulu

Tetapi bila kawan-kawan siap untuk ke tingkatan yang lebih ahli, karena itu tata langkah ini dapat kamu menjadikan fondasi lebih dulu saat sebelum meningkatkan usaha ini.

Awalnya perlu ketahui transisi hidup maggot, dimulai dari BSF dewasa, Telur, Larva, Prepupa, Pupa, Imago alias BSF.

Maggot BSF bisa dipanen di saat masuk hari keduabelas sesudah telur menetas.


Bila didiamkan maggot masuk ke tahapan per pupa atau pupa, karena itu maggot tidak berupa larva kembali, bila makin tua umurnya maka semakin turun kandungan gizinya.

Karena itu baiknya ialah kamu memetiknya di saat masih jadi larva!


Alat dan Bahan Budidaya Magot BSF


1. Kandang

Selainnya memiliki bentuk yang dibikin mirip kotak kecil-kecil untuk memuat larva, kawan-kawan harus juga mempersiapkan kandang.

Kandang ini mempunyai tujuan untuk jaga keadaan dalam supaya masih tetap normal. Ada kandang bisa dijadikan sebagai tempat pelindungan jika terjadi penyimpangan cuaca atau cuaca.

Ukuran kandang pun tidak ada dasarnya,kendang dapat dibuat sesuai keadaan baiknya.


2. Tempat Penetasan Telur

Ukuran media sedapat mungkin tidak besar dan tidak begitu dalam.

Bila terlampau besar akan berpengaruh di proses panen yang kurang efektif, apabila terlampau dalam maka membuat keadaan media jadi lebih kering.

Ukuran media penetasan telur 1 m x 50 cm x 30 cm atau dapat sama ukuran 2,5 m x 1 m x 30 cm.

Kedalaman 30 cm lebih bagus, karena memungkinkannya udara bisa secara mudah masuk ke antara media penetasan maggot.

Kandang dapat dibuat berbahan kardus atau papan triplek yang telah ditegaskan tidak ada lubang.



3. Media Pembesaran (Biopond)

Biopond ialah tempat pembesaran larva BSF yang umum disebutkan maggot. Biopond umumnya dibuat dari kayu yang dibuat kotak atau PVC yang telah disanggupi media tanah atau makanan maggot yang telah gembur.

Ukuran Biopond dapat disertakan dengan Ukuran media penetasan

Media pembesaran berlainan dengan media penetasan. Media penetasan tidak membutuhkan penghitungan kepadatan dalam media, tetapi media pembesaran memerlukan penghitungan kepadatan, karena untuk menghindar keadaan media yang terlampau lembab karena makin besar ukuran larva.


4. Media Migrasi Prepupa (Ramp)

Bila maggot hampir masuk umur peralihan jadi prepupa, 13 hari sesudah telur menetas, karena itu harus siap-siap untuk mengalihkan ke media migrasi maggot jadi prepupa.

Prepupa ini akan dihimpun ke satu tempat menjadi pupa, dan seterusnya akan beralih menjadi imago alias lalat BSF.

Tetapi media migrasi ini dapat menjadi satu jadi biopond. Kawan-kawan perlu menambah sektor miring dalam biopond dan sukses melakukan modifikasi biopond-mu jadi ramp.
Langkah Memikulgbiakan Maggot


5. Langkah Menarik Lalat BSF

Bila memutuskan untuk cari lalat dari alam, dapat lakukan dengan ini, tetapi bila beli maggot pada kondisi telur, jadi tidak perlu,langsung bisa menempatkan telur ke media penetasan dan nantikan sampai panen.


6. Tingkatan Pemanenan Maggot


Umur bagus maggot ialah dipanen saat sebelum 13 hari. Karena sesudah 13 hari maggot akan beralih menjadi prepupa.

Umur baiknya ialah sekitaran satu minggu sesudah penetasan. Larva-larva yang telah kelihatan semakin besar bisa kamu panen dan dibuat jadi produk yang berharga jual tinggi. Kawan-kawan bisa juga memberinya ke ternak langsung.

Tetapi ingat! jangan memberi Maggot ke ternak ruminansia, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan semacamnya. cuman bisa memberinya ke ternak non ruminansia, seperti ayam, babi, kuda, kelinci, dan lain-lain.


6. Pemberian Pakan Maggot

Pakan yang disarankan ialah sampah organik, atau beberapa bahan yang lain memiliki kandungan cukup gizi untuk perkembangan, seperti protein dan energi. Protein bisa dipakai untuk memicu perkembangan dan energi bisa dipakai untuk tingkatkan kemampuan maggot selalu untuk makan tiap hari.

Makin besar ukuran, karena itu makin baik, karena semakin lebih efektif dan ekonomis.

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Budidaya Maggot BSF Pakan Alternative Ternak "