✓ Langkah Ternak Belut Tanpa Lumpur Untuk Pemula

Untuk lakukan budidaya belut sebetulnya Anda dapat lakukan dengan beragam langkah, seperti langkah ternak belut dengan memakai drum dan langkah budidaya belut dengan memakai kolam.

Tetapi kesempatan ini kami akan mengulas langkah ternak belut tanpa lumpur . Maka cuman memakai air saja tanpa tanah.

Langkah Ternak Belut Tanpa Lumpur Untuk Pemula !!

Kolam belut

Budidaya belut dengan media air bersih Langkah ternak belut tanpa lumpur ini banyak mulai diputuskan oleh beberapa peternak belut karena prosesnya yang lumayan gampang.

Tetapi ada banyak kekurangan dari langkah ternak belut tanpa lumpur ini, yakni Anda harus mempersiapkan makanan yang cukup.

Ini karena belut cuman akan memercayakan makanan dari yang Anda beri. Selainnya kekurangan, budidaya ini tentu saja mempunyai keuntungan.

Keuntungannya ialah langkah ternak belut tanpa lumpur ini mempermudah Anda untuk mengatur belut saat terkena penyakit.

Disamping itu langkah budidaya belut ini bisa turunkan angka kanibalisme. Langkah ternak belut tanpa lumpur ini memungkinkannya untuk beberapa peternak tidak untuk kewalahan karena harus cari debog pisang, jerami atau lumpur sebagai mediumnya.

Cara pertama kali yang harus Anda kerjakan dalam budidaya langkah ternak belut tanpa lumpur ini ialah penyeleksian lokasi yang memiliki stok air yang cukup ketika musim kering. Karena budidaya ini memerlukan air yang lumayan banyak.

Langkah ternak belut tanpa lumpur ini akan mengirit tempat Anda karena saat membuat kolam dengan media air dapat Anda atur jadi tiga tingkat atau lebih.

Dalam pemberian pakan juga tidak sia - sia karena tiap Anda sebar pakannya belut langsung akan menghabiskannya.

Saat panen juga Anda tak perlu memerlukan tenaga yang banyak untuk lakukan penelusuran dan penggalian tanah untuk cari belut.


Berikut beberapa langkah-langkah ternak belut tanpa lumpur :

Mempersiapkan Tempat dan Air Budidaya.

Pertama Dalam menyiapkan tempat untuk ternak belut ini cukup gampang, karena Anda dapat memakai kolam atau sungai, yang paling penting ialah siapkanlah jala.

Jala Anda pakai untuk membikin kolam dengan membuatnya sesuai keperluan. Contoh ukuran 2 x 2 mtr. atau lebih.

Tapi bila Anda memakai kolam karena itu seharusnya kolam itu Anda tembok sekitarnya dan alasnya. Karena hewan belut ini sebagai hewan yang menyukai mengeruk.

Air yang pantas Anda pakai dalam langkah ternak belut tanpa lumpur ini ialah air bersih yang jernih, memiliki temperatur di antara 26 - 28 derajat celcius, air tidak terdapat zat kimia beracun.

Jauhi memakai air PDAM karena kandungan kaporitnya tinggi sekali, air sumur bor karena kurang kandungan oksigen dan air sampah. Pada konsepnya keadaan air yangdigunakan sebaiknya bersih dan kaya oksigen, khususnya untuk pemakaian pada bibit belut yang kecil.


Pilih bibit Belut.

Sesudah Anda mempersiapkan tempat, karena itu tahapan setelah itu menyiapkan bibit belut. Untuk pilih bibit belut yang bagus, Anda bisa memerhatikan cirinya.

Ciri-ciri itu ialah belut tidak cedera atau cacat, ukuran 10 - 12 cm, gerakan belut gesit, belut tidak pucat, apabila digenggam belut akan keras.

Penyebaran bibit belut.

Langkah ternak belut tanpa lumpur ini dalam penyebaran benihnya dapat semakin banyak. Penyebaran benih dapat capai 30 kg sama ukuran kolam 1 x 1 mtr..

Pemberian pakan.

Pemberian pakan adalah factor yang penting untuk perubahan dan perkembangan belut.

Berilah pakan sama sesuai keperluan, tidak boleh kebanyakan dan tidak boleh terlampau sedikit. Berilah pakan yang dicintai oleh belut. Bila Anda memberi pakan terlalu berlebih maka menyebabkan air jadi cepat kotor dan mengakibatkan belut akan gampang sakit dan mati.

Tetapi bila Anda memberi pakan kurang maka ada karakter kanibalisme padabelut dan perkembangan belut jadi lama. Sepanjang ternak belut Anda masih ingin makan pakan yang Anda beri karena itu tidak boleh menukar dengan pakan yang lain.

Pakan yang umumnya dicintai oleh belut ialah cacing merah, ikan cere, anakan ikan mas ,kecebong, keong sawah, ulat hongkong dan ada banyak kembali yang lain.


Perawatan Belut.

Rawatlah belut sampai besar. Triknya dengan memerhatikan kualitas air, pemberianpakan yang teratur dan sesuai ukuran dan pengatasan penyakit harus selekasnya dilaksanakan bila ada belut yang kelihatan sakit.

Ciri-ciri belut yang terserang penyakit diikuti dengan belut terus bergerak dalam siang hari, selalu naik ke atas dan sukai sama-sama serang.

Belut ialah binatang air yang kerap keluarkan lendir pada badannya. Ini dilaksanakan sebagai proses pelindungan badannya yang termasuk peka.

Lendir yang keluar terus-terusan dalam tubuh belut dapat memengaruhi derajat keasaman air atau pH air.

Hingga bila air kolam sudah capai tingkat batasan keasaman optimal 7 karena itu air harus selekasnya dinetralkan dengan menukar air atau mensirkulasikan air.

Dengan begitu kolam atau tempat perawatan belut sebaiknya Anda melengkapi dengan perlengkapan yang dapat menukar atau mesirkulasikan air Kolam


Panen Ternak Belut.

Panen pada langkah ternak belut tanpa lumpur sangat gampang. Anda tinggal mengusung belut ke atas dengan memakai jala.

Dan bila Anda memakai kolam karena itu tinggal kurasnya saja. Saat sebelum panen sebaiknya Anda menyiapkan drum atau ember sebagai tempat belut supaya tidak mati saat sebelum ditawarkan

Posting Komentar untuk "✓ Langkah Ternak Belut Tanpa Lumpur Untuk Pemula "