Langkah Budidaya Lele 2 Bulan Panen, Harus Anda Coba !

Makin tumbuh suburnya beragam jenis usaha ikan lele di beberapa kota besar seperti warung pecel lele dan beragam jenis produk buatan ikan lele mengakibatkan kesempatan usaha pembesaran ikan lele makin menarik.

Gambar ikan lele

Bahkan juga nyaris tidak ada pebisnis ikan lele alami kesusahan dalam marketingnya. Semua hasil panennya rerata diterima dengan baik oleh pasar.

Secara tehnis langkah ternak lele dengan mekanisme pembesaran termasuk lumayan gampang. Selain itu, perawatan usaha pembesaran lele termasuk praktis.

 Budidaya Lele 2 Bulan Panen, Harus di Coba!!!
Anda bisa melakukan di beberapa tempat atau media. Satu diantaranya ialah denganmengunakan media kolam terpal. Mengapa? karena langkah ini bisa Anda kerjakan pada tempat yang terbatas hingga sasaran dua bulan langsung panen bisa Anda raih dengan ongkos yang tambah murah.

Lantas bagaimanakah langkah budidaya lele dengan media terpal dilaksanakan dengan sistem yang benar dan baik? silakan Anda dimulai dari 3 tingkatan penting di bawah ini.

Tingkatan Penting Langkah Budidaya Lele Panan 2 bulan.

Untuk penyiapan awalnya Anda harus tentukan lokasi usaha pembesaran lele. Tentukan tempat langkah ternak lele dengan memerhatikan situasi keadaan, khususnya air.

Lokasi beternak lele harus mempunyai sumber air yang tidak terkontaminasi, baik itu sampah industri, atau sampah rumah tangga.

Penyiapan seterusnya dari langkah ternak lele ini ialah membuat kolam terpal yang memiliki ukuran 3 x 5 x 1 m atau sama sesuai keadaan. Jumlah kolam yang perlu Anda bikin sejumlah 24 kolam. "untuk penuhi sasaran panen lele tiap dua bulan sekali"

Proses pembuatan kolam lele

Siapkan perlengkapan budidaya pembesaran lele seperti ember plastik, seser, dan test kit kualitas air.Aliri kolam terpal itu sama air sampai capai ketinggian 80 cm.

Siapkan benih lele memiliki ukuran 8-10 cm selanjutnya masukan di dalam kolam terpal sekitar 100 - 200 ekor/m3

Langkah Budidaya Lele 2 Bulan Panen, Harus Anda Coba !

Supaya usaha ternak lele Anda penting untuk Anda untuk menimbang risiko atau teror yang bisa muncul dari usaha ini.

Kerap kali, benih yang baru disebar di dalam kolam mati semua. Ini dikarenakan oleh terpal yang baru masih keluarkan berbau dan mencemarkan air, hingga meracuni benih.

Karena itu yakinkan berbau yang menusuk itu sudah lenyap saat sebelum benih lele disebar dengan mencucinya lebih dulu atau dapat dengan diamkan kolam terpal tergenangi air sepanjang dua minggu selanjutnya menguras habis air itu, baru selanjutnya aliri kembali sama air untuk proses penebaran benih lele.

Langkah ternak lele yang pas, harus mempertimbangkan ongkos pengeluaran pakan, dan langkah pemberian pakan yang efisien.

Keperluan pakan untuk ternak lele kerap kali tidak teratasi, hingga pengeluaran membesar.

Pemberian pakan dengan bangkai binatang kadang menyebabkan ukuran perkembangan lele tidak rata.

Sering pergantian air langsung bisa membuat lele mabok dan stress yang berpengaruh pada kematian lele, karena itu langkah ternak lele saat lakukan penggantian air, harus dengan bertahap dikit demi sedikit.

Langkah ternak lele pertama kalinya saat sebelum Anda menyebar benih yakni, biarkan kolam terpal yang sudah dicuci awalnya, diisi air sampai 3/4 kolam.

Beri daun ketapang atau daun papaya sepanjang 3 - 4 hari. Kemudian buanglah air itu dan ditukar sama air bersih yang baru untuk penyiapan penebaran benih lele.

Tambah probiotik ke air sesuai jumlah pada paket produk atau lewat pakan.

Langkah ternak lele dengan menunakan probiotik mempunyai tujuan percepat perkembangan benih, kurangi jumlah konsumsi pakan, dan turunkan tingkat kematian lele.

Beri pakan pelet yang mengandung protein 30 - 32% sekitar 3 - 4% dari berat lele dengan frekwensi pemberian sekitar 3x satu hari.

Beri pakan dikit demi sedikit dengan intensif yang terarah. Pemberian pakan dalam langkah ternak lele bila berlebihan akan mengakibatkan perkembangan lele jadi buncit, bahkan juga pecah karena karakter alami lele yang paling rakus.

Untuk tekan ongkos produksi, Anda dapat memanfaakan sampah pakan rumah tangga seperti tersisa sayur yang tidak termakan sebagai pakan alternative.

Pemanenan lele bisa dilaksanakan sesudah perawatan sepanjang dua bulan semenjak benih disebar dikolam terpal.

Pada konsepnya tidak ada yang sulit dari langkah budidaya lele ini. Bila Anda memilki waktu senggang kami merekomendasikan ke Anda untuk melakukan sendiri dengan mengikutsertakan satu atau dua tenaga kerja untuk menolong. Ini penting supaya Anda betul-betul pahami sangkut-paut langkah budidaya lele ini dengan prima.

Posting Komentar untuk "Langkah Budidaya Lele 2 Bulan Panen, Harus Anda Coba !"